Minggu, 12 Oktober 2014

laporan hasil observasi x mipa 1


LAPORAN HASIL OBSERVASI

KELAS X MIPA 1




Untuk mempermudah mengenal satu sama lain siswa- siswa di  x MIPA 1, kita dapat melakukan pengelompokan atas persamaan dan perbedaan.

Di kelas X MIPA 1,berdasarkan data yang diperoleh terdapat 16 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki.Nama siswa perempuan diantaranya adalah Anas tasya, Nayla, Ailin, Anin, Levi , Farah, Ela, Hafidha, Saarah, Rika, Uke, Narens, Sofia, Yuli, Dini, Nonica. Adapun nama siswa laki-lakinya ialah Adi, Safi’i, Arvian, Agung, Bayu, Yusuf, Iqbal, Odhie, Aldi, Haris, Deden, dan Raka.  Seluruh siswa di kelas X MIPA 1  beragama Islam. Berdasarkan tempat tinggal siswa dapat dikelompokkan yang tinggal di Kota , tinggal di Kabupaten, dan tinggal di Luar Kota. Siswa kelas X MIPA 1 yang tinggal di kota  terdiri dari 5 orang siswa, yang tinggal di Kabupaten terdapat 23 orang siswa, dan tidak ada siswa yang bertempat tinggal di luar Kabupaten / Kota.

Sedangkan berdasarkan jarak dari rumah ke sekolah  digolongkan 0-2 km, 3-5 km, 4-6 km, 11-15 km, dan 16> km. Siswa di kelas   x mipa 1,  jarak yang ditempuh menuju ke sekolah dengan jarak 0-2 km ada 2 siswa yaitu Deden dan Irfan. Dengan jarak 3-5 km terdapat 4 orang siswa yaitu Hafidha, Hanindita, dan Rikha. Berdasarkan jarak 4-6 km terdapat 7 orang siswa  di antaranya Aftikha, Arvian, dan Sofia. Dengan jarak 11-15 km terdapat 7 orang siswa, di antaranya Anastasya, Bayu, dan Farah. Dengan jarak 16> km terdapat 8 orang siswa , di antaranya Aldi, Adi, dan Ailin.

Pekerjaan orang tua siswa dapat dikelompokkan menjadi PNS,POLRI,TNI, Swasta , Wiraswasta, Petani, dan Buruh. Orang tua siswa kelas x mipa 1 yang bekerja sebagai PNS ada 6 orang siswa. Yang bekerja sebagai TNI ada 4 siswa. Yang bekerja  sebagai pekerja Swasta terdapat 9 orang siswa. Yang orang tuanya bekerja menjadi Wiraswasta  ada 7 orang siswa. Yan menjadi Petani ada 1 orang siswa. Jadi, pekerjaan orang tua siswa yang paling banyak adalah bekerja sebagai swasta.

Berdasarkan persamaan dan perbedaan tahun kelahiran mereka , dikelompokkan menjadi tahun 1998,1999, dan 2000. Di kelas x mipa 1 terdapat 9 orang siswa yang lahir pada tahun1998. Dan pada tahun 1999 terdapat 18 orang siswa. Pada tahun 2000 hanya terdapat satu orang siswa. Yang lahir pada tahun 1998 antara lain Uke. Yang lahir pada tahun 1999 di antaranya adalah  Anastasya, levi sabrina, Farah Azizah dan Aldi. Yang lahir pada tahun 2000 adalah Hanindita. Jadi, rata- rata umur siswa di kelas x mipa 1 adalah 15 tahun.

Berdasarkan persamaan dan perbedaan warna favorit, dikelompokkan menjadi : Warna merah, warna hijau warna hitam, warna ungu, warna putih, dan warna biru. Di kelas x mipa 1 , siswa- siswi yang menyukai  warna merah ada 6 orang siswa, di antarabya Farah dan Arvian.Yang menyukai hijau ada 4 orang siswa, di antaranya Anastasya dan Ela. Yang menyukai warna hitam ada dua orang siswa .yang menyukai warna ungu ada 4 orang siswa , di antaranya adalah Yuli dan Dini. Terdapat  3 orang siswa yang menyukai warna putih, di antaranya Uke, Haris,dan Anin. Kemudian terdapat 8 orang siswa yang menyukai warna Biru. Dari beberapa data yang diperoleh, telah diketahui bahwa kelas X MIPA 1 banyak yang menyukai warna biru.

Selanjutnya adalah pengelompokan  berdasarkan makanan favorot. Yang menyukai bakso ada 3 orang siswa. Yang menyukai Ayam ada 3 orang siswa. Yang menyukai Nasi ada 4 orangsiswa. Yang menyukai Mie Ayam ada 1 orang siswa ,yaitu Bayu. Yang menyukai tempe ada 1 orang siswa yaitu Deden. Yang menyukai steak ada 2 orang siswa. Yang menyukai Nasi Goreng ada 7 orang siswa. Yang menyukai Ramen ada 1 orang siswa. Yang menyukai rendang ada 4 orang siswa  . yang menyukai getuk ada 1 orang siswa adalah Yusuf.yang menyukai coklat ada 1 orang siswa yaitu Nonica. Jadi, siswa kelas x mipa 1 lebih banyak yang menyukai nasi goreng dari pada yang lain.

Berdasarkan ikut tidaknya suatu organisasi, siswa kelas x mipa 1 yang mengikuti organsasi OSIS ada 4 orang siswa, yaitu Agung, Arvian, deden, dan Odhie. Yang mengikuti organisasi MPK juga terdapat 4 orang siswa, yaitu Ailin, Dini, Rikha, dan Yuli. Yang mengikuti PASKi ada 5 orang siswa yaitu Anas, Narens, Haris, Adi dan Saarah. Ada 15 orang siswa yang tidak mengikuti organisasi, tetapi mereka tetap mengikuti ekstrakurikuler. Seperti: BARA, PMR, Sepak Bola, Paduan suara, KIR, Rohis, Nari, Musik, basket, voli, Teater, Jepang, dan Batik.

Selanjutnya berdasarkan Asal Sekolah, dikelompokkan menjadi : SMP Negeri, SMP Swasta , MTs Negeri , dan MTs swasta. Siswa yang berasal dari SMP Negeri terdapat 25 anak, di antaranya : Adi, Haris, Riha, Yuli, Uke. Yang berasal dari SMP Swasta terdapat 1 orang siswa yaitu Dini. Yang berasal dari MTs Negeri terdapat 1 orang siswa yaitu Sofia. Yang berasal dari MTs Swasta terdapat 1 orang siswa yaitu Ailin Nuhaaya. Jadi siswa dan siswi kelas X MIPA 1 bersal dari 4 SMP/MTs yang berbeda.

Siswa dan siswi kelas X MIPA 1 mempunyai cita-cita yang berbeda-beda, untuk cita-cita di kelas X MIPA 1 dikelompokan berdasarkan siswa atau siswi yang ingin menjadi Polri yaitu Adi, yang ingin menjadi dosen atau guru di antaranya, Nayla, Afian dan Irfan, yang ingin menjadi pengusaha di antaranya Bayu dan Dini. Yang ingin mejadi KOPASUS adalah Deden. Yang ingin menjadi dokter, bidan atau perawat di antaranya Farah, Hafida, Ela, dan Nonika. Yang ingin menjadi arsitek adalah Raka.yang ingin menjadi TNI yaitu Odi. Yang ingin menjadi akuntan yaitu Airin dan Rika. Dan yang ingin menjadi orang sukses yaitu Sofia dan Uke.

Kemudian berdasarkan persamaan dan perbedaan hobi, siswa-siswi kelas X MIPA 1 dikelompokan menjadi : suka membaca, suka bermain bola, suka selfie, suka main gitar, dan main basket. Hobi adalah suatu kebiasaan dan kesenangan yang dilakukan disaat ada waktu luang. Adapun yang suka membaca terdiri dari 3 anak, yang suka bermain sepak bola ada 2 anak yaitu Aldi dan Adi, yang suka selfie yaitu Uke, yang suka main gitar yaitu Raka dan Bayu, yang suka main basket yaitu Bayu. 





1 komentar:

  1. Terima kasih atas postingan tugas Anda. Beberapa catatan yang perlu saya berikan: (1) warna tulisan, pilih yang paling bersahabat dengan mata, (2) sebelum mengunggah, usahakan naskah disunting dulu sehingga kesalahan bisa diminimalkan, (3) kelihatannya pembetulan-pembetulan yang sudah saya lakukan masih banyak yang diabaikan, seperti penggunaan konjungsi dan yang masih mengawali kalimat. Tetap bersemangat, terus menulis!

    BalasHapus

LOGO STAIS MAS