Senin, 16 Maret 2015

Teks Prosedur Kompleks

GETUK GORENG SUKARAJA BANYUMAS

            Bagi Anda yang suka Travelling, Anda pasti mengenal Banyumas.Banyu masa dalah sebuah kota di Jawa Tengah, berada di lereng Gunung Slamet. Jika Anda mampir di Banyumas, Anda tentu akan menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner di daerah ini. Apa itu? Makanan khas Banyumas itu adalah getuk goreng.Rasanya manis, gurih, dan membangkitkan selera.
            Anda tahu cara membuat getuk goreng? Anda tidak perlu khawatir karena Yu Munarifah akan berbagi rahasia tentang cara pembuatan getuk goreng asli Sukaraja, Banyumas.
            Apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat getuk goreng? Dalam membuat getuk goreng kita membutuhkan singkong 1 kg, gula merah atau gula jawa secukupnya, tepung beras 75 gr, tepung terigu 1 sdm, minyak goreng untuk menggoreng dan garam secukupnya.
            Setelah menyiapkan seluruh bahan.Bagaimana cara atau langkah-langkah membuat getuk goreng?Adapun langkah-langkah membuat getuk goreng suka raja sebagai berikut: Pertama, kupas singkong kemudian buang sabutnya setelah itu potong singkong dan direbus hingga matang. Kedua, iris halus gula jawa tambahkan sedikit air kemudian rebus sampai gula melumat dan tercampur dengan air.Ketiga, lumatkan singkong dan tambahkan gula secara bertahap sampai tercampur rata untuk membuat getuk.
            Langkah selanjutnya, campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, serta air secukupnya sampai jadi adonan yang cukup kental. Kelima, letakkan getuk singkong di atas nampan. Keenam, panaskan minyak goreng kemudian ambil getuk lalu celupkan getuk kedalam adonan.Ketujuh, goreng getuk sampai warnanya kekuningan, angkat dan tiriskan. Terakhir, getuk sukaraja siap untuk dinikmati.

ANAS TASYA ALBA MUGHOFAROH
X IPA 1
04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOGO STAIS MAS